15 Strategi Instagram Marketing untuk Usaha Kecil

Strategi Instagram Marketing – Instagram adalah platform media sosial yang berkembang pesat dan kurang dimanfaatkan. Ada pengguna yang membagikan apa yang mereka makan dan pakai di Instagram, dari penjualan, dan yang menciptakan karier dengan cara ini. Namun, ketika berbicara tentang aplikasi pemasaran, pengguna Instagram tidak tahu persis strategi apa yang harus mereka ikuti.

Ini memang hal yang hebat untuk Instagram, tetapi dengan begitu banyak orang yang menggunakan platform ini, menjadi sangat sulit bagi pengguna Instagram baru untuk menonjol dari kedalaman lautan konten yang tampaknya tak berujung. Namun, tentu saja ada beberapa cara untuk menarik perhatian di antara begitu banyak pengguna.

Sekarang kami akan memberi Anda 15 rahasia Strategi instagram marketing yang sangat efektif. Apakah Anda membagikan rahasia ini dengan orang lain atau tidak, itu terserah Anda. 

Dengan Strategi instagram marketing ini, Anda akan berbagi konten hebat, membangun audiens yang terlibat, dan bahkan mungkin menghasilkan beberapa penjualan.

15 Strategi Instagram Marketing Yang Efektif

1. Rencanakan konten Anda sebelumnya

Salah satu faktor terpenting dalam pemasaran di Instagram adalah perencanaan konten yang sering dan konsisten. Banyak pemasar media sosial sudah tahu bahwa mengumpulkan banyak foto yang siap dibagikan adalah taktik yang bagus, tetapi pemasar ini tidak menyadari bahwa ada Strategi instagram marketing yang membuat perencanaan konten jauh lebih mudah.

Strategi Instagram Marketing

Dimungkinkan untuk membuat kalender konten untuk upaya instagram marketing Anda dengan menggunakan aplikasi seperti Nanti atau Buffer. 

Keuntungan terbesar menggunakan layanan tersebut adalah Anda merencanakan konten yang akan Anda bagikan sebelumnya. Tagar dan keterangan juga berlaku untuk paket ini. 

Dengan kata lain, berkat program semacam itu, waktu yang Anda habiskan untuk berpikir “Saya ingin tahu apa yang harus saya bagikan di Instagram hari ini” berkurang. Dengan cara ini, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan pengikut Anda, dan sebagai hasilnya, kehadiran media sosial Anda dibangun di atas fondasi yang kokoh.

2. Belajar menggunakan hashtag secara efektif

Ketika berbicara tentang media sosial, terutama di platform Instagram, tagarlah yang membuat dunia berputar. Memilih tagar yang tepat akan membuat konten Anda sukses, sementara menggunakan tagar yang salah dapat merusak konten Anda. 

Tagar memiliki dampak besar pada tingkat interaksi konten yang dibagikan dan memutuskan apakah posting Anda akan menjangkau audiens target Anda.

Strategi Instagram Marketing

Ada sejumlah strategi berbeda untuk menggunakan tagar, tetapi bagaimana perpaduan sempurna antara tagar masih diperdebatkan. Di antara Strategi instagram marketing yang bisa Anda terapkan, yang paling ideal adalah hashtag yang bersifat lokal dan terkait langsung dengan konten yang Anda bagikan.

Meskipun penggunaan tagar seperti “#cinta” atau “#teman” memiliki kapasitas untuk mendapatkan banyak suka, suka ini umumnya tidak berarti karena berasal dari bot dan oleh karena itu tidak menjamin hasil yang Anda inginkan untuk bisnis Anda. 

Alih-alih, lakukan riset dan buat daftar tagar yang digunakan oleh bisnis dan perusahaan lokal yang melayani industri Anda. Melakukan penelitian ini akan memastikan bahwa Anda selalu menjangkau audiens yang tepat untuk audiens target Anda.

3. Gunakan fungsi draf Instagram untuk memiliki konten siap pakai untuk dibagikan di masa mendatang

Jika Anda masih ragu untuk menginvestasikan uang atau waktu dalam aplikasi perencanaan konten, jangan takut karena ada solusi untuk Anda juga. 

Salah satu fungsi Instagram yang kurang diketahui adalah sketsa. Saat Anda menambahkan foto ke Instagram, tulis keterangan dan beri tag orang-orang di foto tersebut. Tapi jangan publikasikan foto yang sudah Anda siapkan ini. Sebagai gantinya, Anda dapat memilih untuk menyimpan konten yang telah Anda siapkan sebagai draf. 

Sebagai hasil dari proses ini, foto-foto yang telah Anda edit disimpan sebagai draf, sehingga Anda dapat menemukan foto-foto yang Anda simpan sebagai draf dan mempublikasikannya dengan cepat alih-alih memikirkan konten apa yang akan Anda bagikan di Instagram di masa mendatang.

Strategi Instagram Marketing

Meskipun menyimpan posting Anda sebagai draf tidak seefektif aplikasi perencanaan konten, ini adalah taktik yang sangat berguna dalam hal memiliki konten. 

Jika Strategi instagram marketing Anda tidak direncanakan dan diprogram, tetapi sesuatu yang berkembang ketika itu mengejutkan Anda pada saat yang tidak siap, akan sangat menguntungkan bagi Anda untuk menggunakan konsep.

4. Gunakan aplikasi pengeditan foto berkualitas tinggi

Sejujurnya, menggunakan aplikasi edit foto bukan rahasia lagi. VSCO, Enlight, dan banyak lagi. 

Anda pernah mendengar semuanya sebelumnya, bukan? Atau belum dengar?

Jika Anda ingin serius tentang Instagram, Anda akan memiliki kesempatan untuk mencoba berbagai aplikasi. 

Berhati-hatilah untuk mempelajari aplikasi ini agar Anda tidak ketinggalan tren Instagram baru atau pengguna Instagram lainnya.

Kedua aplikasi pengeditan foto ini harus dimiliki:

  • Snapseed: Meskipun terlihat sangat mirip dengan aplikasi pengeditan lainnya, Snapseed, produk Google, adalah opsi yang paling kuat. Ini memiliki alat pengeditan untuk pengguna tingkat lanjut, termasuk antarmuka intuitif yang menjadikannya layanan pengeditan foto yang hebat.
  • Facetune: Facetune adalah opsi yang sangat populer di antara layanan pengeditan foto. Sepintas, ini mungkin tampak seperti hanya cocok untuk orang atau potret, tetapi ini juga merupakan pilihan tepat untuk membuat sentuhan kecil dan menambahkan kilau ramah Instagram ke semua foto Anda.

5. Buat umpan holistik yang menyenangkan mata

Ini adalah salah satu rahasia Instagram yang paling penting. Meskipun tidak cocok untuk setiap industri, Anda dapat membuat umpan Instagram holistik dengan gaya dan cara yang harmonis dan mengubah profil Anda menjadi pesta visual, sehingga menghadirkan galeri foto unik kepada pengikut dan pelanggan potensial Anda. 

Jadi apa yang dimaksud dengan pakan holistik? Atur semua foto yang Anda bagikan sedemikian rupa sehingga tampak seolah-olah semuanya adalah bagian kecil dari satu gambar besar. Akibatnya, umpan Anda akan terlihat seperti satu gambaran besar.

Strategi Instagram Marketing

Untuk melakukan ini, Anda perlu menggunakan tema yang akan Anda tempatkan pada foto Anda. Anda memerlukan aplikasi foto seperti Photoshop untuk mengedit foto Anda dengan cara ini. 

Strategi instagram marketing ini sangat bagus untuk industri dan perusahaan yang tidak harus terus-menerus memproduksi konten untuk menjadi sukses. Satu-satunya kelemahan dari taktik ini adalah Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk membuat persiapan yang diperlukan sehingga foto berikutnya yang akan Anda tambahkan ke profil Anda juga cocok untuk tema ini.

6. Bagikan konten di balik layar tentang produk atau merek Anda

Saat Anda terus-menerus memproduksi produk atau konten promosi perusahaan, Anda mungkin melihat ketidakaktifan di profil Instagram Anda. Salah satu cara terbaik untuk menjembatani kesenjangan antara jenis konten ini adalah dengan membagikan konten di balik layar. 

Untuk beberapa alasan, konten di balik layar tidak disukai oleh pengguna Instagram sebanyak yang mereka layak dapatkan. Ada alasan mengapa konten di balik layar tentang produk seperti “cara” atau “cara” begitu sukses di setiap platform karena orang senang mengetahuinya.

Strategi Instagram Marketing

Bagikan foto tidak hanya produk Anda, tetapi juga di luar produk Anda. Misalnya, Anda juga dapat berbagi foto tentang budaya perusahaan atau karyawan Anda. Jenis foto ini menangkap keterlibatan dengan mudah dan membantu Anda terhubung lebih kuat dengan pengikut atau calon pelanggan Anda.

7. Bagikan ulasan dan ulasan pelanggan tentang produk Anda

Memiliki bukti sosial berarti dunia dalam hal memilih produk mana yang akan dipilih saat berbelanja. Jika Anda ingin menggunakan platform Instagram bagi perusahaan Anda untuk menjual lebih banyak produk, kami memiliki saran bagus untuk konten yang harus Anda bagikan: ulasan dan ulasan pelanggan. 

Penjelasan Anda tentang mengapa produk Anda sempurna adalah sesuatu yang sama sekali berbeda. Acara utamanya adalah menunjukkan kepada calon pelanggan apa yang dikatakan pelanggan dan pengguna lain tentang produk Anda. 

Dengan demikian, Anda dapat membangun hubungan yang sangat positif dengan pelanggan Anda atas nama merek Anda. Tambahkan foto produk Anda, bagikan komentar pelanggan Anda tentang produk tersebut di foto atau sebagai keterangan. Tag orang yang membuat komentar ini di caption atau di foto kamu.

8. Atur diskon dan penawaran dan bagikan di Instagram

Memposting penjualan atau promosi jangka pendek perusahaan Anda di Instagram adalah Strategi instagram marketing yang diremehkan. 

Sebaliknya, merek sering kali terlalu fokus untuk membangun estetika mereka di Instagram sehingga mereka bahkan tidak menyadari bahwa semua upaya itu tidak berarti apa-apa kecuali mereka menghasilkan keuntungan dan modal untuk diri mereka sendiri.

Berbagi penjualan sesekali merek Anda di akun Instagram Anda adalah salah satu cara paling sederhana untuk membuat pengikut Anda menjadi pelanggan merek Anda dengan tergesa-gesa untuk mendapatkan penawaran. 

Sangat mudah untuk menyukai produk Anda dari jarak jauh yang dibagikan pengikut Anda di akun Instagram Anda. Namun, pengguna ini mungkin kehilangan minat setelah mengikuti Anda untuk sementara waktu. Motivasi pengikut Anda untuk terlibat dengan merek Anda dengan menjalankan kampanye sesekali agar mereka tidak berpaling dari Anda.

9. Streaming langsung

Strategi ini bukan lagi rahasia, tetapi Instagram Live Streaming tetap menjadi Strategi instagram marketing yang kuat yang harus Anda tambahkan ke repertoar Anda. Banyak brand dari seluruh dunia yang masih mencoba untuk menentukan strategi apa yang terbaik melalui platform Instagram Live Streaming, dan percayalah, ada banyak sekali strategi…

Anda dapat menggunakan fungsi Live Streaming dengan berbagai cara, tergantung pada tujuan perusahaan Anda. Tanya Jawab (Tanya Jawab) adalah titik awal yang sangat baik bagi Anda jika Anda ingin memperkuat hubungan merek Anda dengan pelanggan. 

Platform Live Streaming tentunya juga bisa digunakan untuk keperluan lain. Misalnya, mengajari pengikut Anda cara melakukan sesuatu atau berbagi berita terbaru tentang merek Anda dengan pelanggan hanyalah beberapa dari tujuan ini.

10. Gunakan platform Instagram Stories

Platform Instagram Stories kini telah menyebar ke audiens yang sangat besar. Tetapi yang masih menjadi misteri tentang platform ini adalah bagaimana menggunakannya dengan paling efektif. 

Hal yang hebat tentang Stories adalah bahwa ini adalah satu-satunya cara untuk menjamin posisi teratas di feed pengikut Anda. Karena konten yang dibagikan paling up-to-date berada di urutan pertama di Stories. 

Dengan kata lain, saat menggunakan algoritma Instagram dengan aktivitas pengikut dan tingkat interaksi agar berada di atas konten standar yang dibagikan di Instagram biasa, Stories memilih cara yang berbeda.

Belum ada aturan tegas tentang strategi terbaik untuk platform Stories, tetapi berikut adalah taktik umum yang digunakan oleh akun yang sukses:

  • Soroti pembagian baru: Anda dapat menarik pengikut baru ke profil Instagram Anda dan meningkatkan tingkat interaksi dalam berbagi Anda dengan membagikan konten yang baru saja Anda bagikan di akun Instagram Anda di Stories.
  • Atur kontes: Dengan kontes sederhana yang Anda atur melalui cerita, Anda akan membantu pengikut Anda berinteraksi dengan merek dan produk Anda.
  • Menarik perhatian pada promosi Anda: Jika merek Anda memiliki obral saat ini, Anda dapat membagikan tautan situs web Anda di Stories dan mengumumkan diskon kepada pengikut Anda.

11. Buat korsel

Salah satu pembaruan terbaru untuk platform Instagram termasuk fungsi Carousel. Sebelumnya, Carousel hanya tersedia untuk pengiklan, tetapi sekarang semua orang dapat menggunakannya. 

Carousel adalah fungsi yang akan menggairahkan kalender konten Instagram Anda, tetapi sayangnya itu bukan fitur yang cukup disukai. Berkat Carousel, Anda memiliki kesempatan untuk berbagi beberapa konten media hanya dalam satu postingan Instagram. Misalnya, Anda dapat mempublikasikan foto dan video persis di pos yang sama.

Carousel tentu saja dapat digunakan dengan berbagai cara, tetapi salah satu taktik yang paling menarik adalah menceritakan sebuah kisah dengan format yang akan Anda gunakan. Menggunakan fungsi Carousel, Anda dapat mengumpulkan koleksi foto tertentu untuk menceritakan sebuah kisah kepada pengikut Anda. 

Jika Anda tidak ingin berurusan dengan ini, tentu saja, Anda juga dapat membagikan foto sederhana produk Anda jika Anda mau!

12. Bangun kemitraan dengan influencer Instagram

Pemasaran influencer adalah pilihan karir yang sangat populer dan sering disukai di Instagram. Jika Anda sering menggunakan Instagram, Anda pasti dapat melihat posting terkemuka yang dibagikan oleh akun dengan banyak pengikut di umpan Anda. 

Namun sayangnya, sebagian besar bisnis kecil tidak memanfaatkan jenis instagram marketing ini ketika mencoba membangun audiens mereka.

Strategi Instagram Marketing

Untuk menggunakan pemasaran influencer secara efektif, Anda perlu melakukan penelitian ekstensif untuk mengidentifikasi akun Instagram utama dalam industri Anda. 

Kirim pesan ke influencer yang Anda temukan dan beri tahu mereka bahwa Anda ingin berbagi konten bersama dengan membuat kemitraan dengan mereka, dan serahkan sisanya kepada mereka karena mereka tahu betul apa yang harus dilakukan. 

Pemasaran influencer adalah rahasia strategi instagram marketing yang sangat kuat sehingga bahkan memungkinkan Anda menjangkau komunitas tertentu di audiens target Anda yang biasanya Anda pikir tidak akan dapat Anda jangkau. Setelah Anda mengajukan kode kupon diskon, pengembalian Anda ke perusahaan Anda akan lebih sukses dan positif.

13. Gunakan alat monetisasi

Mengingat jumlah perusahaan e-commerce di luar sana akhir-akhir ini, sungguh mengejutkan melihat mereka gagal memanfaatkan platform monetisasi seperti Like2Buy atau Have2Have.It. Untuk meringkas fungsinya, platform ini memungkinkan pengikut Anda untuk mengakses produk yang telah Anda umumkan di akun Instagram Anda dengan lebih mudah dan cepat.

Saat Anda mulai menggunakan salah satu layanan ini, jangan lupa sertakan tautan tersebut di bio di profil Instagram Anda. 

Jadi ketika Anda membagikan foto produk Anda: “Apakah Anda menyukai produk ini? Tambahkan ajakan bertindak seperti “Klik tautan di bio kami sekarang dan dapatkan produk ini.” Berkat layanan monetisasi, pengikut menjadi lebih mudah untuk menjadi pelanggan merek Anda karena dia dapat menjangkau produk yang ingin dia beli dengan lebih mudah. Ini selalu merupakan hal yang positif.

14. Manfaatkan iklan Instagram

Faktanya, iklan Instagram tidak dianggap rahasia, tetapi tidak dimanfaatkan oleh cukup banyak merek. Sangat disarankan untuk beriklan di Instagram, karena berkat sistem penargetan Instagram yang kuat dan efektif, Anda dapat langsung beriklan ke audiens target Anda yang menurut Anda akan tertarik dengan produk Anda.

Selain menjangkau calon pelanggan baru, iklan memungkinkan Anda menambahkan ajakan bertindak. Dengan demikian, orang yang melihat iklan Anda secara otomatis diarahkan ke halaman arahan situs web Anda ketika mereka mengklik iklan untuk membeli produk Anda. 

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin harus membeli iklan untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan, tetapi terlepas dari itu, iklan Instagram akan memberi Anda pengembalian investasi yang besar.

15. Atur kontes hashtag

Ini adalah Strategi instagram marketing paling terbaik! Lomba lari adalah hal yang lumrah di Instagram. Anda dapat mengatur kampanye adaptif dengan mengatur kontes hashtag bertema. Buat hashtag yang terkait dengan tema tertentu, seperti “#Summerfashion2018”. 

Kemudian minta peserta untuk membagikan foto mereka menggunakan tagar ini dan menandai merek Anda di foto dengan keterangan. Dengan menyelenggarakan kontes, Anda memungkinkan orang untuk bersemangat tentang merek Anda, menunjukkan minat pada merek Anda, dan menumbuhkan audiens sosial Anda dengan cepat.

Jika mau, Anda juga dapat memindahkan kontes Anda ke luar Instagram. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk menjangkau pelanggan potensial yang dapat Anda pasarkan melalui email, melalui kontes di halaman selain Instagram. 

Jika Anda tidak ingin menggunakan metode ini, Anda dapat memilih untuk menjalankan kontes hashtag di aplikasi pihak ketiga, sehingga Anda akan memiliki galeri foto yang menyenangkan yang dikirimkan oleh para kontestan. 

Selain itu, dengan mengikuti orang-orang yang berpartisipasi dalam kompetisi, Anda dapat menjangkau pengguna ini yang tertarik dengan kompetisi Anda dengan promosi baru di masa mendatang.

Baca Juga:

Akhir Kata

Jika Anda telah membaca sejauh ini, Anda telah mencapai akhir artikel. Svensonhair harap Anda mempelajari pelajaran yang Anda harapkan dari 15 rahasia Strategi instagram marketing yang kami bagikan kepada Anda. 

Pikirkan kami melewatkan strategi Instagram? Punya taktik yang ingin Anda bagikan dengan kami? Bagaimana kalau berbagi rahasia ini dengan kami dan pembaca kami di komentar? Selamat Instagramming!

Leave a Comment